• Rabu, 01 Februari 2017

    Review Mesin Jahit Brother GS 2700



    Akhirnya saya punya mesin jahit lagi hihihi. Ini mesin jahit kedua yang saya beli. Dulu pertama kali, beli mesin jahit portabel mini yang 300 ribuan itu. Walaupun sempat dipakai permak baju kecil-kecilan beberapa kali, mesin jahit yang itu nggak berumur lama. Entah saya kurang jago makainya atau gimana, tapi belakangan mesin jahitnya bermasalah. Mulai dari benang ruwet, jahitannya kusut, sampai akhirnya mesinnya nggak mau gerak sama sekali. Akhirnya saya buang mesinnya waktu pindahan, karena nggak bisa dipakai dan nggak ada garansi atau suku cadangnya juga kalau mau benerin.

    Nah setelah sekarang belajar jahit lagi, saya akhirnya beli mesin jahit yang lebih serius. Maksudnya, yang punya merek jelas dan garansi, juga suku cadang atau komponen-komponen tambahan yang gampang dicari). Awalnya sempat bimbang milih merek mesin jahit, ada Janome, Butterfly, Brother dan yang paling terkenal, Singer. Tapi akhirnya saya pilih Brother karena beberapa pertimbangan di bawah ini, barangkali bisa jadi gambaran buat yang lagi mau beli mesin jahit tapi bingung.

    catatan: disclaimer, pertimbangan ini sifatnya pribadi, jadi subyektif, selain itu pertimbangan ini dibuat menyesuaikan kebutuhan jahit dan kondisi kantong yang bisa beda-beda buat tiap orang. Ditambah lagi, pengalaman saya nyoba-nyoba mesin jahit disini cuma nyoba di tempat les, jadi jangan dibayangkan sudah nyoba makai selama sekian bulan atau tahun gitu.
    • Saya nggak pilih Butterfly karena saya nggak pernah nyoba mesin jahit merek ini. Sebenarnya harganya relatif lebih murah dibanding yang lain, tapi saya agak takut mesin jahitnya rusak kalau saya pakai. Masih trauma mesin jahit sebelumnya yang juga murah.
    • Saya sempat hampir memutuskan untuk beli Singer Talent 3323. Sudah pernah nyoba dan nggak ada masalah, jahitan rapi, penggunaannya gampang dan yang paling kelihatan, dia body mesinnya kokoh, sepertinya akan awet walaupun penggunanya “destroyer” macam saya. Tapi pas dilihat harganya di situs belanja online kok rata-rata diatas 3 juta, jadi agak mikir-mikir.
    • Setelah nyadar kalau untuk beli Singer budgetnya “ngoyo”, saya jadi bimbang pilih Janome atau Brother. Saya pernah nyoba Janome 1008, pada dasarnya nggak ada masalah sih, cuma saya pernah jahit resleting terus nyangkut karena gerigi di bawah kainnya nggak jalan. Jadi kainnya perlu agak didorong gitu supaya bisa terjahit dengan baik. Lagi-lagi ini disclaimer sih, bisa jadi saya aja yang nggak bisa makai mesinnya dengan baik, atau ada kesalahan teknik yang saya lakukan. Tapi pengalaman ini cukup mempengaruhi pengambilan keputusan saya sih, jadinya nggak milih Janome.
    • Akhirnya saya pilih Brother. Sebelumnya saya pernah nyoba Brother JS 1410, bodynya nggak seberat Singer kalau diangkat tapi nggak ada masalah waktu dipakai. Dan entah kenapa saya lebih suka suara mesin Brother JS 1410 ketimbang Singer Talent 3323. Walaupun fiturnya masih dibawah Singer Talent 3323, tapi perasaan suaranya lebih halus. Cuma akhirnya yang saya beli bukan Brother JS 1410 tapi Broother GS 2700 (tipe diatasnya). Menurut saya harganya bersahabat dan fiturnya sama dengan Singer Talent 3323 yang awalnya saya idam-idamkan. Saya beli mesin ini seharga 2,2 juta. Lumayan banget hematnya, plus waktu beli lagi ada promo dari toko di situs belanja onlinenya, jadi saya dapat bonus jarum-jarum, dan beberapa sepatu jahit selain jarum dan sepatu-sepatu jahit yang juga sudah jadi bawaan dari Brother-nya.

    Begitulah cerita pengambilan keputusannya. Setelah mesinnya datang dan dipakai, sejauh ini nggak ada kendala sama sekali, dan saya seneng makainya. Nah dibawah ini beberapa poin ulasan plus minus Brother GS 2700 menurut saya:
    • Brother GS 2700 ini dilengkapi dengan DVD panduan. Ini sangat membantu sih, soalnya baca instruksi tertulis itu kadang bisa jadi sangat puyeng, apalagi saya masih pemula. Selain itu nggak semua mesin jahit ada DVD panduannya hanya tipe tertentu saja kadang, jadi pas lah saya milih Brother GS 2700.
    • Selain dapat buku panduan, juga dapat buku project jahit gitu jadi kita bisa nyoba bikin-bikin tanpa harus googling dulu. Ada tutorial bikin placemat, sarung bantal, tempat kosmetik, kotak pensil, dan lunch bag. Lumayan, jadi yang bener-bener baru mau mulai jahit dan nggak ngerti mau jahit apa bisa setidaknya dapat ide. Poin minusnya, gambar-gambar di tutorialnya minimalis banget. Untuk saya yang nggak cepet nangkep jadi susah bacanya
    • Ada 27 fungsi jahitan (jumlah jahitan nggak terlalu ngaruh sih kecuali kita memang mau jahhit dekoratif, kalau untuk baju atau crafting jahitan lurus, zigzag dan overlock stitch sudah cukup
    • Ada fitur auto needle threader untuk memudahkan masukin benang ke jarum, tapi saya masih belum paham sama instruksinya jadi lebih cepat pakai cara manual.
    • Hemat energi (51 watt)
    • Low vibration and noise. Memang oke sih, nggak seberisik Singer Talent menurut saya (mungkin karena body Singer yang lebih keras materialnya apa ya? entahlah), relatif sama dengan Janome 1008 yang menurut saya juga bunyi mesinnya halus.
    • Ternyata mesin ini punya quick thread setting! Saya nggak tahu fitur ini pas beli. Baru tahu pas nonton panduan DVD hehe, jadi kita nggak perlu muter kenop untuk mancing/ ambil benang bawah. Waktu pasang bobbin bawah ada semacam saluran untuk benang keluar (ke atas) gitu. Jadi hemat satu langkah persiapan jahit.
    • Jahit lobang kancing sudah satu langkah
    • Garansi resmi Brother-nya 3 tahun. Sangat melegakan.

    Kira-kira gitu sih kalau menurut saya. Semoga mesin jahitnya terus oke performanya dan awet, jadi masih bisa dipake waktu nanti punya cucu hahaha kejauhan ya? Tapi amiiiiin :)


    Catatan:
    Sumber gambar dari koleksi pribadi

    3 komentar:

    1. gimana sis performanya brother gs2700 nya... saya masih galau mau milih brother, janome, ato singer... haha... makasih info nya

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sampe sekarang aku nggak ada keluhan sih mba, performanya oke walaupun aku bukan tipe yang telaten make dan ngerawatnya (agak abusive) hehehe. Kalau sama Singer sebenernya kalo ada budget sih aku milih Singer. Tapi kalo sama Janome, aku fix pilih Brother hehehe.

        Hapus
    2. Lagi kepikiran beli mesin jahit trus nemu seri ini kayanya cukup lengkap fiturnya. Awalnya sih pgn yg JA 1400, tp selisih harganya dikit sm yg ini ya, jd sepertinya aku juga pilih gs2700. *brb ngumpulin duit* Makasih reviewnya!

      BalasHapus

    COPYRIGHT © 2017 MANZILA | THEME BY RUMAH ES