• Kamis, 01 Juni 2017

    Oohyo's Dandelion



    Excited sekali waktu hari ini iseng-iseng cari nama Oohyo di instagram, lalu nemu official account-nya dan tahu kalau si mbak rilis single baru. Oohyo boleh dibilang satu-satunya musisi korea yang saya betulan suka dan lagu-lagunya bertahan lama di daftar putar. Saya dengar lagu pop korea lain juga sih tapi kebanyakan karena penasaran soalnya banyak diomongin teman, dan sisanya karena iseng coba-coba lalu suka tapi cepet bosan juga. Nggak seperti lagu kpop mbak-mbak lain, lagunya Oohyo nggak overwhelming imutnya apalagi jogetnya (soalnya Oohyo nggak jejogedan juga sih kayanya hehe). Imutnya bukan yang ayu, canteeek, atau seksi. Imutnya yang manis aja gitu. Nggak seperti kembang gula yang besar, pink dan fluffy, tapi lebih seperti permen kunyah strawberry milk pakai mint yang dimakan waktu terlalu lama nunggu transjakarta, eneg di bus antar kota, atau sebelum pesawat take off biar telinga nggak terlalu sakit. Semacam dosis manis dan imut yang reasonable dikonsumsi setiap hari. Menurut saya aja sih ini, preferensi pribadi hehe. Fans girl band atau musisi kpop lain mohon saya jangan dihabisi hehe.

    Oh iya, kumpulan single baru si mbak judulnya Dandelion, diproduseri Tony Doogan yang juga pernah memproduseri album Belle and Sebastian dan Mogwai. Beberapa anggota Belle and Sebastian juga berpartisipasi dalam kumpulan single ini. Dalam sebuah video yang diunggah fanpage oohyo, Tony Doogan bilang kalau dia dan band (Belle and Sebastian) suka sekali suaranya oohyo yang 'cantik'. Dandelion berisi tiga track lagu yang semuanya ditulis Oohyo sendiri - Dandelion (single version), A Good Day, dan Dandelion (full version).

    Semua lagunya saya suka. Dandelion dimainkan dengan string set, cantik sekali. Agak berbeda karena kalau nggak salah ingat, belum pernah ada lagu Oohyo yang pakai string set. Di bagian awal, suaranya Oohyo yang manis digabung bunyi string instrumen yang nyes tapi playful dan beat yang muncul kuat sesekali,  lagunya jadi seperti musik resital ballet yang agak hippity hop. Ke tengah lagu, bagian refrainnya jadi agak bau-bau dream pop sedikit dan sedih syahdu tapi karena suaranya oohyo imut jadi overall ya kaya potongan pare di sepiring siomay. Pahit-pahit lucu hehe.

    Sementara itu, A Good Day, lagunya nggak secerah judulnya. Bawaannya agak sedih kalau menurut saya. Enak didengarkan kalau sedang di perjalanan dan hati lagi rungsing. Enak juga dipakai sing along karena A Good Day berbahasa Inggris, jadi kalau mau ikut nyanyi tak perlu repot melafalkan konsonan yang beruntun khas korea.

    Secara keseluruhan saya lebih suka Dandelion ketimbang Pizza, single Oohyo yang dirilis sebelumnya. Lebih mirip Oohyo di Girl Sense, album Oohyo kesukaan 💖



    Catatan:
    Gambar dalam unggahan ini diambil dari bandcamp Oohyo
    Dandelion bisa didengarkan di bandcamp atau spotify

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    COPYRIGHT © 2017 MANZILA | THEME BY RUMAH ES